Pulau Bawean, Wisata Pulau Bawean, Backpacker Pulau Bawean, Bawean Pulau Wisata, Trip Pulau Bawean, Open Trip Bawean, Trip seru, Travel, Indonesia, Paket Wisata Bawean, Pulau Noko, Pulau Gusong, Danau Kastoba

The best tour travel guide @ http://boyantravel.com - October 26, 2015!

Pulau Bawean Gresik

Keindahan Pulau Bawean

Selamat datang di Pulau Bawean Indonesia

pulau bawean gresik
Pulau Bawean dilihat dari Peta

Tau kah anda KRI Usman Harun? Tak disangka si pemberani Harun Thohir yang menuai kontroversi karena namanya dipakai sebagai nama kapal perang itu adalah orang Bawean. Ya, pulau yang berada di Laut Jawa dan termasuk dalam wilayah Kabupaten Gresik Jawa Timur itu memang dikenal luas di Singapura dan Malaysia sebagai tanah asal para pelaut yang bekerja di kapal-kapal mereka. Orang Bawean dan kawasan pemukiman mereka di kedua negara jiran itu mendapat julukan sebagi Orang Boyan dan Kampung Boyan.

Sebagian besar penduduk laki2nya memang melanglang buana untuk bekerja di Malaysia, Australia dan Singapura. Tidak mengherankan jika wajah kemakmuran terlihat hampir di seluruh penjuru pulau karena penghasilan para TKI itu terhitung di atas rata2 penghasilan orang Indonesia.Di sudut2 dusun bangunan rumah megah adalah hal yang lumrah. Luas Bawean sekitar 194 km2 terdiri dari 2 kecamatan yakni Sangkapura dan Tambak dengan jumlah penduduk 70 ribu jiwa yang kebanyakan bekerja sebagai petani dan nelayan. Terdapat dua kecamatan di pulau ini yakni Sangkapura dan Tambak.

Pulau Bawean gresik
Keindahan Pulau Bawean dari atas udara

Gelombang tinggi dan cuaca yang terkadang kurang bersahabat memang menjadi kendala utama untuk menjadikan Bawean sebagai salah satu tujuan wisata utama di Jawa Timur. Kendati pulau tersebut mempunyai potensi wisata yang luar biasa untuk dijadikan tempat berlibur. Pantai pasir putih seperti Pantai Kuta Bali, pemandangan bawah laut yang menakjubkan seperti Bunaken Sulawesi Utara, danau air tawar yang eksotis karena bisa berubah warna sesuai musim, pulau-pulau gosong yang cantik karena hamparan pasir putih dikelilingi air laut jernih, pemandangan sunset yang spektakuler di berbagai sudut pulau, pemandian air panas yang masih alami ala kampung orang kepulauan, air terjun yang masih alami dan yang terpenting adalah bagaimana lidah dan perut kita dimanjakan oleh beragam jenis makanan ala Bawean. Seperti martabak, kocok2 alias fish cake, baso ikan dan sambal Bawean yang sedap luar biasa.

pulau bawean indonesia
ciri khas rusa bawean

Selain itu pulau Bawean juga dikenal mempunyai jenis rusa asli yakni Rusa Bawean (Axis kuhlii) yang merupakan fauna endemik. Satwa yang dilindungi dalam Cagar Alam Pulau Bawean ini jumlahnya semakin menyusut setiap tahun karena perubahan hutan hujan menjadi hutan jati, sehingga ketersediaan makanan bagi satwa pemakan tanaman semak ini juga semakin berkurang. Saat ini jumlah rusa Bawean yang hidup liar diperkirakan tinggal 400-600 ekor. Belum lama ini pemerintah mengelola sebuah tempat penangkaran rusa di Desa Pudakit Timur, berjarak kira-kira 6 km dari Pelabuhan Bawean. 37 ekor rusa hidup dalam penangkaran yang letaknya terpencil di sebuah lembah. Terpencil karena rusa-rusa tersebut memang sangat peka terhadap suara. Sehingga saat menyambangi penangkaran tersebut pengunjung diminta untuk berbicara pelan, tidak berisik dan memotret tanpa lampu kilat. Lokasi yang tersembunyi dan sunyi menjadi obat tersendiri menyaksikan rusa penghuni asli Pulau Bawean itu.